내 마음의열쇠

Pengurusan Paspor RI bagi WNI

Salah satu kantor imigrasi favorit saya adalah kantor yang berlokasi di jakarta selatan (mampang). Walaupun sudah banyak yang share tentang proses pengajuan paspor RI, gapapa yah nambahin info :-).

1. Pendaftaran bisa dilakukan secara online atau datang langsung ke kantor imigrasi. Sebenarnya keuntungan dari daftar online adalah tidak antri lama saat ambil tiket antrian. Selain itu,loket daftar online dengan yg tidak, berbeda. Di imigrasi jaksel, loket 1-4 utk yg daftar online,sedangkan yg tidak ke loket 5-8. Nah, jumlah yg ke loket 1-4 tidak banyak,sehingga lebih cepat.

2. Dokumen yg harus dibawa yaitu KTP yang masih berlaku, kartu keluarga, akta lahir (akta lahir bisa digantikan dengan ijasah atau surat nikah) dan paspor lama. Semua dokumen asli dibawa dan difotokopi di atas kertas A4 (termasuk KTP).

3. Satu hal lagi yang tidak kalah penting yaitu pulpen tinta hitam. Perintah mengisi formulir dengan pulpen tinta hitam tertera di formulir. Karena itu, jangan lupa membawa alat tulis ini atau jangan sampai salah pinjam pulpen dengan pemohon terdekat :-).

4. Biaya paspor baru 48 halaman Rp.255.000, 24 halaman Rp.105.000 (habis berlaku,hilang,rusak).

5. Saat ini pembayaran biaya paspor dibayarkan lewat bank BNI. Jadi tidak ada prosedur pembayaran di kantor imigrasi. Setelah mendapat tanda terima dari loket, pemohon bisa membayar di teller bank BNI mana saja. Oya, ada biaya administrasi Rp.5000. Tanda bukti pembayaran dan tanda terima dari imigrasi dibawa ke kantor imigrasi saat foto,wawancara dan pengambilan paspor.

6. Foto dan wawancara biasanya disetting 2 hari setelah pengajuan. Seandainya tidak bisa,tidak masalah. Pemohon bisa kembali utk prosedur itu kapan saja asalkan tidak lewat 30 hari dari tanggal pengajuan.

7. Ketika datang untuk foto, kenakan pakaian (termasuk jilbab) berwarna (selain putih).

8. Belum pernah mencoba layanan ini, tapi imigrasi jaksel menyediakan layanan pengiriman paspor.

image

image

image

image

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: